DomaiNesia
ADVERTISEMENT

Danramil /TT: Paparkan Penyebab Terjadinya Karhutla

MERANTI – Salah satu instrumen penting dalam pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) adalah edukasi kepada masyarakat tentang bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari bencana kebakaran, serta melakukan patroli rutin dikawasan hutan terutama diwilayah yang berdekatan dengan pemukiman.

Demikian disampaikan Danramil 02/TT, Mayor Arm. Bismi Tambunan SE, pada saat pelaksanaan patroli pemantauan Karhutla oleh anggota Kodim 0303/Bengkalis Koramil 02/TT, melalui Babinsa desa binaan, yakni Serda Pardin Paramay bersama BPBD dan MPA di Desa Banglas Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (19/1/2021).

Menurutnya, kebakaran hutan dan lahan gambut bisa terjadi karena beberapa sebab dan alasan, yaitu selain dikarenakan faktor alam, juga bisa terjadi disebabkan kelalaian masyarakat, baik itu dalam melakukan pembersihan pekarangan ataupun pembukaan lahan perkebunan.

“Karhutla bisa terjadi karena faktor alam, seperti sambaran petir yang mengenai pohon kemudian apinya menyebar dan menimbulkan kebakaran, namun sering kali kebakaran itu juga terjadi akibat ulah manusia, yaitu oleh pihak-pihak tertentu ketika melakukan pembukaan lahan perkebunan maupun pembakaran lainnya demi tujuan dan kepentingan pribadi tanpa memikirkan dampak dan akibatnya”. Terang Danramil. **(Red).

DomaiNesia
ADVERTISEMENT
DomaiNesia
ADVERTISEMENT

TERPOPULER

Berita Terbaru

Berita Lainnya

%d blogger menyukai ini: