DomaiNesia
ADVERTISEMENT

Sudah Tahu Bahaya Limbah Bagi Kesehatan? Kamu Wajib Baca Ini

KESEHATAN – Ancaman limbah berbahaya begitu nyata. Dampaknya yang begitu merusak tidak hanya mengancam lingkungan. Manusia yang merupakan bagian dari lingkungan juga turut merasakan imbasnya. Bahkan meski sudah ada tempat pengolahan limbah berbahaya,faktanya masih cukup banyak perusahaan yang membuang limbahnya begitu saja.

Dampak pembuangan limbah berbahaya sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata. Kerusakan lingkungan hanyalah salah satunya. Di samping itu, masih ada segudang dampak kesehatan yang dipastikan akan diderita oleh masyarakat sekitar. Berikut beberapa dampak limbah bagi kesehatan manusia berdasarkan wujudnya.

1. Limbah Gas

Meski disebut limbah gas, limbah jenis ini tidak sepenuhnya berbentuk gas. Ada partikel-partikel benda padat atau cair yang terkandung di dalamnya.

Bentuk partikel yang sangat kecil membuat limbah jenis ini mudah tersebar lewat udara. Biasanya, limbah gas juga mengandung debu. Beberapa contoh dari limbah jenis ini di antaranya adalah karbon monoksida, karbon dioksida, nitrogen oksida, sulfur oksida, asam klorida, amonia, metan, hidrogen fluorida, nitrogen sulfida dan klorin.

Bahaya dari limbah gas akan terasa sangat terhirup. Sesak nafas hanyalah salah satu efeknya. Dalam jangka panjang, limbah gas bisa menyebabkan gangguan paru-paru, serangan jantung, stroke dan mengganggu perkembangan otak janin.

2. Limbah Cair

Limbah jenis ini biasanya dihasilkan oleh perusahaan yang menggunakan air selama proses produksinya. Limbah cair sendiri bisa berupa air bekas cucian ataupun sisa dari proses produksi secara langsung. Karena itu, limbah jenis ini biasanya banyak mengandung zat-zat kimia berbahaya.

Limbah cair ini biasanya memiliki bau yang sangat menyengat. Di tempat pengolahan limbah berbahayasekalipun, aroma dari limbah jenis ini sudah cukup untuk membuat setiap orang yang menghirupnya merasa pusing hingga muntah-muntah. Jadi bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika limbah cair dibuang tanpa diolah terlebih dahulu.

Selain bau yang tajam, kontak langsung dengan limbah cair bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit. Jika limbah tersebut sampai masuk ke dalam tubuh, dampaknya bisa jauh lebih berbahaya.

Beberapa penyakit yang bisa bisa ditimbulkan oleh limbah jenis ini di antaranya adalah diare, kolera, hepatitis A, giardiasis, penyakit hati, penyakit ginjal dan meningkatkan risiko bayi lahir cacat.

baca juga artikel tentang : buang limbah berbahaya sembarangan, ini sanksi yang siap menanti.

3. Limbah Padat

Sama seperti dua jenis limbah sebelumnya, limbah padat juga banyak dihasilkan oleh industri. Beberapa contoh limbah padat ini di antaranya adalah plastik, kertas, karet dan logam. Sepintas limbah-limbah tersebut memang terlihat mirip seperti limbah rumah tangga. Namun mengingat jumlahnya yang begitu besar, dampaknya terhadap lingkungan jelas berbeda.

Dampak limbah padat biasanya semakin terasa saat limbah tersebut membusuk. Tidak sedikit dari limbah tersebut yang menimbulkan gas beracun seperti asam sulfat, metan dan amonia. Jika dibuang langsung ke perairan, limbah jenis ini juga bisa mencemari air dan lingkungan di sekitarnya.

Gangguan kesehatan akibat limbah padat ini sama sekali tidak bisa diremehkan. Mulai dari gatal-gatal, diare hingga penyakit serius seperti gangguan ginjal dan hati bisa muncul akibat limbah jenis ini.

Limbah industri tidak bisa dibuang begitu saja. Sebelum dibuang, limbah tersebut harus diolah di tempat pengolahan limbah berbahaya. Memang butuh biaya yang tidak sedikit untuk mengolah limbah seperti ini. Namun dengan menggunakan jasa pengolahan limbah seperti Wastec International, perusahaan tidak perlu berinvestasi besar dalam membangun infrastruktur pengolahan limbah dan bisa mengolah limbahnya dengan biaya yang lebih terukur.

SUMBER : WastecInternational

DomaiNesia
ADVERTISEMENT
DomaiNesia
ADVERTISEMENT

TERPOPULER

Berita Terbaru

Berita Lainnya

%d blogger menyukai ini: