DomaiNesia
ADVERTISEMENT

Selain Buahnya Yang Lezat,Teh Daun Sukun Simpan Segudang Manfaat

KESEHATAN – Keragaman hayati di bumi pertiwi sangat beragam, masyarakat Indonesia sangat beruntung dikelilingi tanaman yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan secara herbal. Tanaman dari keluarga Nangka-nangkaan bernama Sukun misalkan, tanaman yang bisa hidup hampir diseluruh daratan di Indonesia ini ternyata memiliki beragam manfaat bagi tubuh manusia loh.

Selama ini masyarakat sering memanfaatkan buahnya saja sebagai cemilan disaat santai sambil ditemani secangkir teh hangat ataupun kopi. Namun ternyata selain buahnya, daun Sukun bisa diolah menjadi minuman herbal yang menyehatkan loh.

Dikutip dari beberapa sumber, Daun sukun mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat yang terkandung dalam daun sukun tersebut adalah Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Zat Besi, Kalsium, Fosfor, Energi, Karbohidrat, Protein dan juga Lemak. Dan terdapat  beberapa manfaat dari mengkonsumsi teh Daun Sukun.

Berikut Manfaat Mengkonsumsi Teh Daun Sukun :

  1. Mengatasi Asam urat

Manfaat daun sukun yang pertama adalah dapat meredakan asam urat. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki daun sukun sangat baik untuk mengurangi peradangan pada sendi. Dengan mengonsumsi teh daun sukun dapat mengurangi penyakit asam urat secara bertahap.

Namun saat mengonsumsi teh daun sukun, sangat dianjurkan untuk menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi. Ini karena purin merupakan penyebab timbulnya asam urat.

2. Mengatur Kolestrol

Mengatur kolesterol dalam tubuh. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi, bisa menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskular. Manfaat daun sukun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

Ini karena kandungan antioksidan yang ada di dalam daun sukun berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sekaligus membuat Anda terhindar dari gangguan kesehatan seperti penyakit jantung koroner.

3. Mengontrol Gula Darah

Manfaat daun sukun yang selanjutnya yaitu dapat berguna untuk mengontrol kadar gula darah. Kadar gula berlebih pada tubuh Anda menjadi salah satu indikasi penyakit diabetes. Untuk mengatasinya, daun sukun bisa menjadi solusi karena memiliki efek insulin yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Senyawa flavonoid yang ada di dalam daun sukun juga dipercaya bisa menjaga kestabilan gula darah dan juga menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

4. Mengobati Batu ginjal

Mengatasi penyakit gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal terjadi ketika fungsi ginjal untuk menyaring limbah dari darah mengalami kerusakan. GInjal yang tidak bisa bekerja normal akan membuat tubuh menjadi penuh dengan racun. Biasanya, penderita gagal ginjal perlu mendapatkan perawatan berupa hemodialisis secara teratur.

Namun, hemodialisis juga memiliki beberapa efek yang tidak diinginkan seperti hipotensi, kelelahan, infeksi, dan sepsis. Dengan mengonsumsi teh dari daun sukun kering dapat membantu Anda mengoptimalkan kerja ginjal dengan bertindak sebagai diuretik.

Cara Mengkonsumsi Teh Daun Sukun

  1. Pilih daun sukun 2 lembar saja dan keringkan
  2. Siapkan panci setenlis dan saringan.
  3. Setelah kering, potong daun kecil-kecil.
  4. rebus daun sukun dengan panci setenlis hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, tuangkan dalam gelas.
  6. Tunggu hingga hangat dan saring teh.
  7. Teh daun sukun siap untuk dinikmati.

Nah sekarang anda sudah tahukan manfaat dari mengkonsumsi Teh Daun Sukun? Yuk Kenali tanaman Herbal disekitar kita agar tahu lebih banyak manfaatnya bagi tubuh kita.

DomaiNesia
ADVERTISEMENT
DomaiNesia
ADVERTISEMENT

TERPOPULER

Berita Terbaru

Berita Lainnya

%d blogger menyukai ini: