DomaiNesia
ADVERTISEMENT

Bersama Bhabinkamtibmas dan MPA, Babinsa Koramil 02/TT Laksanakan Patroli Kawasan Hutan

MERANTI – Meskipun ditengah masa pandemi Covid-19, bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) merupakan ancaman tersendiri yang harus disikapi dengan lebih serius, oleh karena itu patroli pemantauan kawasan hutan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya serta dampak yang ditimbulkan harus lebih dioptimalkan.

Hal ini disampaikan oleh Danramil 02/TT, Mayor Arm Bismi Tambunan, pada pelaksanaan kegiatan patroli pemantauan kawasan hutan oleh Babinsa Desa Binaan, Serda Muslim bersama Bhabinkamtibmas Briptu Riski satria dan MPA di Desa Maini Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Karhutla merupakan bencana rutin tahunan didaerah yang dominan berlahan gambut, terutama dimusim cuaca extrim, untuk itu berbagai langkah pencegahan harus lebih ditingkatkan”. Ujarnya yang disampaikan melalui Serma Sumardi, Senin (1/3/2021).

Menurutnya, salah satu langkah preventif dalam mencegah terjadinya Karhutla adalah dengan mengubah perilaku agar masyarakat mengintervensi pihak yang berupaya melakukan pembakaran, baik itu dalam membersihkan perkebunan maupun cara untuk membuka lahan.

“Berdasarkan data aplikasi Dashboard Lancang Kuning, saat ini khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti telah terpantau 3 (tiga) titik api, untuk itu pencegahan dan meminimalisir terjadinya Karhutla, dengan melakukan pengecekan skat kanal atau lumbung air serta memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya Karhutla terus lebih dimaksimalkan”. **(Red).

DomaiNesia
ADVERTISEMENT
DomaiNesia
ADVERTISEMENT

TERPOPULER

Berita Terbaru

Berita Lainnya

%d blogger menyukai ini: